Sunarto Pecahkan Kebuntuan Arema Lawan PSM

0
685

Baru satu menit berada di lapangan, Sunarto langsung menjadi pahlawan kemenangan Arema lawan PSM. Masuk menggantikan Ahmad Noviandani, Sunarto mencetak gol memanfaatkan bola muntah sepakan Raphael Maitimo yang berhasil diblok oleh kiper PSM Makassar, David Ariyanto.

Lesakkan Sunarto menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan antara PSM berhadapan dengan Arema dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 pada Minggu (12/06). Kekalahan ini menodai pertandingan pertama Robert Rene Albert yang baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru PSM Makassar, menggantikan Luciano Leandro.

Kedua kesebelasan masih belum tampil dalam kondisi terbaiknya ketika pertandingan dimulai. PSM mencoba menyerang melalui trio lini serang mereka Ferdinand Sinaga, Alex Silva, dan Lamine Diarrassouba. Sementara itu, Arema masih mengandalkan Gustavo Giron sebagai ujung tombak penyerangan karena penyerang utama Christian Gonzales masih belum bugar sepenuhnya.

Meskipun bermain di kandang sendiri, Stadion Andi Matalatta, PSM justru lebih banyak ditekan oleh tamunya Arema. Andai kiper PSM, David Ariyanto, tidak bermain baik bisa jadi PSM akan kemasukan lebih banyak gol dalam laga tersebut. Dari total 14 tembakan yang dilepaskan oleh para pemain kesebelasan berjuluk Singo Edan tersebut, hanya satu yang bersarang di gawang David. Kiper berusia 29 tahun tersebut tampil luar biasa di bawah mistar gawang PSM.

Penyelamatan pertama David dalam pertandingan kali ini terjadi pada menit ke-15. Bekerja sama dengan Esteban Vizcarra, Ferry Aman Saragih berhasil merangsek masuk ke pertahanan Arema. Ferry kemudian melepaskan tendangan keras yang mampu diamankan dengan baik oleh David.

Menjelang babak pertama usai, David kembali melakukan penyelamatan penting. Tendangan dari Esteban Vizcarra berhasil ditepisnya. Begitu pula peluang Gustavo Giron yang berhasil diblok oleh David pada awal-awal babak kedua.

David kembali melakukan penyelamatan menghindari gawangnya dari kebobolan pada menit ke-76 setelah ia menepis sundulan dari Hamka Hamzah yang memanfaatkan situasi sepak pojok

Keperkasaan David Ariyanto di bawah mistar gawang PSM sepanjang laga akhirnya pupus juga. Pemain pengganti Sunarto menjadi pahlawan kemenangan Arema. Belum satu menit menjejakkan kaki di lapangan, Sunarto berhasil menjebol gawang David setelah ia menyambar bola muntah tendangan keras Raphael Maitimo yang diblok David pada menit ke-86, dan menutup laga dengan skor 1-0.

Kekalahan pada pertandingan ini jelas menyulitkan langkah Rene Albert yang ditunjuk menggantikan Luciano Leandro. PSM kini terperosok ke peringka tiga klasemen sementara. Sementara Arema masih superior bertengger di puncak klasemen ISC 2016 dengan 13 poin dari enam pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSM: David Ariyanto; Ardan Aras, Erik Setiawan, Hendra Wijaya, Boman Aime, Basri Lohy, Rizky Pellu, Rasyid Bakri (Samsul 61′), Alex da Silva, Ferdinand Sinaga (Rahmat 73′), Lamine Diarrassouba (Muchlis 88′).
Cadangan: Dimas Galih Pratama; Valentino Telaubun, Achmad Sumardi, Syamsul Chaeruddin, M Rahmat, Maldini Pali, Muchlis Hadi Ning.

Pelatih: Robert Rene Alberts

Arema: Kurnia Meiga; Ahmad Alfarizi, Hamka Hamzah, Ryuji Utomo, Beny Wahyudi, Ferry Aman Saragih (Juan Revi 75′), Raphael Maitimo, Srdjan Lopicic, Esteban Vizcarra, Ahmad Nufiandani (Sunarto 85′), Gustavo Giron (Gonzales 72′).
Cadangan: I Made Wardhana; Junda Irawan, Juan Revi, Arif Suyono, Sunarto, Cristian Gonzales, Febri Setiadi Hamzah.

Pelatih: Milomir Seslija

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here