Perjalanan Arema di Liga 1 2018

0
85
Selebrasi Dedik Setiawan usai mencetak gol ke gawang PSIS.
Selebrasi Dedik Setiawan usai mencetak gol ke gawang PSIS.

Perjalanan Arema di Liga 1 2018 dimulai dengan menunjuk Joko Susilo sebagai pelatih. Sang pelatih sendiri sudah menangani tim sejak Juli 2017 menggantikan Aji Santoso.

Di awal musim manajemen Arema tidak memberikan target besar kepada Joko. Keadaan ini sebanding dengan pemilihan pemain di awal musim.

Cukup mengagetkan adalah dicoretnya Esteban Vizcarra, namun Joko berkilah jika itu dilakoninya karena sesuai dengan strategi yang dia inginkan.

Di awal musim, Arema mengikuti dua pagelaran pramusim yaitu Piala Presiden dan Piala Gubernur Kaltim. Dua turnamen ini memberikan hasil positif dan memberikan harapan jika Arema akan bagus di Liga 1 2018.

Sayang harapan itu seperti sirna di awal musim. Usai imbang melawan Mitra Kukar 2-2 di kandang sendiri. Arema berturut-turut kalah melawan Persija dan Borneo FC di laga tandang.

Laga keempat Singo Edan kembali imbang 2-2 melawan Persib dan kemudian kalah 3-2 melawan Madura United. 5 laga awal dan hanya memetik dua poin membuat Arema berada di peringkat 18. Jurang degradasi mulai menganga.

Kemenangan 3-1 melawan Persipura sempat membuat Arema naik ke peringkat 17. Namun kekalahan melawan Persebaya dan hasil imbang melawan PSM membuat Joko Susilo akhirnya harus menerima kenyataan pahit karena dia mendapatkan demo dari Aremania agar mundur dari jabatannya.

Manajemen pun tidak tinggal diam, Joko dilengserkan untuk melatih akademi dan tampuk kepelatihan dipegang Milan Petrovic.

Dipegang Milan, prestasi Arema mulai menapaki perubahan ke arah yang lebih baik. Di sisi lain, kedatangan tiga pemain dari Sriwijaya FC yaitu Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, dan Makan Konate membuat kekuatan Singo Edan bertambah.

Bahkan Konate mampu mencatatkan namanya sebagai topskor sepanjang masa Arema dari putaran kedua.

Di akhir musim, prestasi Arema yang terus naik diakhiri di peringkat keenam. Sayang, Milan sendiri akhirnya tidak dipertahankan manajemen di musim 2018.

Meskipun secara musim lebih baik dibandingkan Liga 1 2017. Tahun 2018 menjadi tahun yang buruk buat Aremania. Karena saat laga menyisakan 10 pertandingan mereka dilarang mendampingi timnya akibat tindakan tidak bagus manakala menjamu Persebaya. Lebih dari itu, dirigen Aremania Yuli Sumpil juga dilarang hadir di Stadion di seluruh Indonesia.

Daftar Pemain

Daftar Pemain Arema 2018

RankPlayer
1Thiago Furtuoso

Hasil Pertandingan

DateMatchTime/ResultsGroundArticle

Klasemen Akhir

Liga 1 2018

PosClub
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here