Arema 2-0 Persib, Juara Piala Bhayangkara 2016

0
1105
Musim 2016 dianggap sebagai musim terbaik Hendro Siswanto
Musim 2016 dianggap sebagai musim terbaik Hendro Siswanto

Arema Cronus berhasil menjadi juara Piala Bhayangkara 2016. Kondisi ini terjadi setelah Singo Edan berhasil menang dengan skor 2-0 melawan Persib Bandung, Minggu (3/4).

Arema menurunkan starter yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya di babak semifinal melawan Sriwijaya FC. Pola 4-3-3 tetap diusung. Sementara sang lawan yaitu Persib Bandung juga menerapkan strategi 4-3-3 yang juga menggunakan cara menyerang untuk mengalahkan lawannya.

Di awal babak pertama, kedua tim bermain dengan konsentrasi penuh sehingga bola banyak berkutat di lapangan tengah. Hasilnya, tidak banyak tembakan yang dilakukan oleh kedua tim.

Kemudian di babak kedua, Persib yang mulanya bermain fokus mulai goyang manakala dua doubel pivotnya yaitu Taufik dan Hariono mencoba bermain agresif. Keadaan ini membuat lini tengah Arema lebih cerdas dalam memancing sehingga pertahanan Persib terbuka lebar.

Dari sisi kanan, kerjasama segitiga antara Dendi Santoso, Srdan Lopicic, dan Cristian Gonzales, mampu membuat Lopicic merangsek hingga ke kotak penalti. Di tengah, ada Raphael Maitimo yang menyelesaikan peluang itu dengan tembakan tumit di menit ke-60.

Arema yang tampil lebih sabar mendapati peluang dua kali melalui tembakan Dendi dan Lopicic. Namun, tembakan itu berhasil diblok pemain belakang.

Persib makin panik manakala Yanto Basna yang tidak disiplin melakukan tindakan bodoh dengan menendang botol minuman ke arah Vizcarra. Wasit pun memberikan dia kartu kuning kedua. Sontak hal ini membuat Dejan marah dan memprotes keputusan wasit.

Di menit akhir, Sunarto kembali menjebol gawang Persib yang dikawal oleh Made Wirawan. Sang pemain memanfaatkan umpan silang yang dikirimkan oleh Gonzales. Skor bertahan hingga akhir, Arema pun juara Piala Bhayangkara 2016.

Arema Juara Piala Bhayangkara 2016
Arema Juara Piala Bhayangkara 2016

Komentar Usai Pertandingan

Usai pertandingan, pelatih Persib Bandung mencak-mencak terhadap keputusan wasit yang dianggap merugikan timnya.

“Saya malu kalau bicara tentang seperti ini. Saya malu di depan puluhan ribu penonton seperti ini. Susah kalau 11 lawan 14! Saya minta maaf, kita enggak bisa seperti ini. Selamat untuk Arema, mungkin kita kalah pengalaman untuk hari ini. Kalau punya [Lionel] Messi, [Cristiano] Ronaldo, kalau wasit seperti ini juga tetap akan susah untuk Persib.” Dejan Antonic.

Sementara itu, Milomir Seslija senang jika pasukannya menang karena menampilkan permainan terbaik.

“Kami memang layak menang, karena kami bisa melalui banyak hal. Kami memainkan sepakbola terbaik dan kami bisa jadi juara. Kami memainkan sepakbola terbaik, pemain kami memainkan sepakbola terbaik, dan Arema merupakan tim terbaik di Indonesia. Seluruh komponen luar biasa, punya harmoni dari mulai manajemen sampai pemain,” tegas Milo.

Susunan Pemain

Arema Cronus

Kurnia Meiga; Ryuji Utomo, Goran Ganchev, Hamka Hamzah, Ahmat Farizie; Rapha Maitimo, Hendro Siswanto, Srdan Lopicic; Dendi Santoso, Cristian Gonzales, Esteban Vizcarra

Persib Bandung

Made Wirawan; Yanto Basna, Purwaka Yudi, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto; Taufiq, Kim Jefry, Hariono; Samsul Arif, Belencoso, Atep Rizal

Statistik Arema vs Persib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here