Review SCM Cup: Arema Cronus 4-1 Persipura | Lawan Kurang Bugar

0
621

Arema Cronus melakukan enam kali perubahan susunan starting XI jika dibandingkan saat menghadapi Persela Lamongan untuk menghadapi Persipura di SCM Cup [Surya Citra Media]. Strategi 4-4-2 yang sama sekali tidak jalan saat melawan Mitra Kukar di babak pertama dan Persela di 30 menit pertama tidak dipakai oleh Suharno.

Enam perubahan Arema adalah masuknya Suroso, Hasim Kipuw, Dendi Santoso, Abblode Yao Rudy, I Gede Sukadana, dan Arif Suyono. Bahkan satu pemain lain yaitu Hendro Siswanto juga terlihat bugar karena sebelumnya hanya bermain sebentar saja.

Pola 4-3-3 yang fasih diterapkan musim lalu menjadi andalan, dua penyerang sayap Arif dan Dendi bergantian melayani Abblode yang menjadi striker tengah. Sementara Sukadana, Ferry Aman Saragih, dan Hendro berperan sebagai gelandang jangkar yang peran dan fungsinya serupa.

Dalam pertandingan yang dimulai dengan lapangan becek, Persipura langsung mengejutkan Arema dengan gol yang dibuat oleh Boaz Solossa di menit kelima.

2015_01_22_Dede
Lapangan becek selama 30 menit

Ketinggalan dengan cepat, Singo Edan berupaya membalas dengan serangan-serangan cepat yang mengandalkan dua sisi sayap. Setelah tendangan bebas Fabiano Beltrame yang melebar dan tembakan Sukadana yang bisa diblok Dede Sulaiman. Akhirnya Arema bisa menjebol gawang Persipura di menit ke-17.

Adalah Hendro yang memanfaatkan umpan Abblode yang berhasil membuat skor menjadi 1-1. Gol itu diawali dari pergerakan Abblode yang lolos dari kawalan bek Persipura, umpan silang dari kotak penalti yang dia lepaskan langsung disambar Hendro sembari menjatuhkan diri.

2015_01_22_Hendro-Siswanto
Selebrasi cium cincin Hendro Siswanto

Sukadana sempat mempunyai peluang saat Dede salah mengatasi umpan silang, tetapi sundulan yang dia lepaskan masih melebar di sisi kanan. Skor akhir di babak pertama adalah 1-1.

Di babak kedua, saat lapangan sudah mengering. Arema tampil dengan gayanya, kombinasi cepat satu dua yang diseling serangan dari dua sisi sayap. Di sisi lain, Persipura seperti kehabisan energi untuk mengejar pemain Arema.

Di menit ke-61, Abblode sukses memanfaatkan umpan Ferry Saragih. Di kotak penalti, dia melakukan tembakan dengan kaki kiri yang tidak bisa dijangkau oleh Dede.

2015_01_22_Abblode
Abblode terbang

Petaka terjadi pada Persipura, keinginan membalas skor menjadi saat berat saat Immanuel Wanggai kedapatan memukul Ahmad Noviandani. Tak heran wasit langsung mengeluarkan kartu merah.

Di sisa babak, Persipura yang semakin tertekan akhirnya kebobolan dua gol lagi melalui tendangan jarak jauh Sukadana menit 83 dan gol pemain pengganti Sengbah Kennedy di menit 90.

Berikut ini starting eleven Arema vs Persipura Jayapura.
Arema Cronus
Kadek Wardana, Suroso, Fabiano, Kipuw, Alfarizie, Sukadana, FAS, Hendro Siswanto, Arif Suyono, Dendi Santoso, Yao Rudy.
Cadangan: AK, Purwaka, Sengbah Kennedy, Ahmad Noviandani, Gonzales, Benny Wahyudi, Bustomi.

Persipura Jayapura
Dede Sulaiman, Bio Paulin, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Jaelany Arey, Imanuel Wanggai, Gerrald Pangkali, Ian Kabes, Robertino, Ricky Kayame, Boaz Solossa.
Cadangan: Selsius, Pahabol, Nelson Alom, Zulham Zamrun, Izac Wanggai, Andri Ibo, Yohanis Tjoe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here